Nusa Penida, Surga Tersembunyi di Pulau Dewata

Pulau Bali selalu mampu menghadirkan sesuatu yang beda dalam hal pariwisata dan budayanya. Untuk urusan wisata, Bali memiliki Pulau yang lagi ramai dikunjungi wisatawan saat ini yaitu Nusa Penida. Pulau ini terletak di ujung tenggara Bali dan masuk dalam daerah Kabupaten Klungkung.

Nusa Penida merupakan salah satu pulau dari jajaran 2 pulau lain yakni Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan dimana Nusa Penida berada paling kanan dari jajaran pulau-pulau tersebut. Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, hampir setiap jengkal dari Pulau Bali dapat dijadikan sebagai tempat wisata yang menakjubkan begitupun dengan di Nusa Penida. Bahkan tidak di Nusa Penida saja, kedua saudaranya yakni Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan pun merupakan objek wisata yang sangat sayang jika anda melewatkannya.

Dari ketiga pulau tersebut, Nusa Penida lah yang memiliki wilayah yang paling luas diantara kedua saudaranya Nusa Ceningan Dan Nusa Lembongan. Bahkan jika dibandingkan, Nusa Penida memiliki ukuran lebih dari 10 kali lipat Nusa Lembongan.

Baca Juga : 7 Tempat di Bali Yang Nge-Hits di Instagram

Baru-baru ini, Nusa Penida Mengadakan sebuah festival budaya yang di gelar di Nusa Penida juga. Banyak sekali kegiatan yang dilaksanakan mulai dari Menarikan tarian rejang Dewa dengan jumlah penari 1000 orang, lomba miniatur Perahu Layar, Lomba Sampan, Lomba busana adat oleh para wisatawan, Penanaman terumbu karang dan masih banyak lagi kegiatan-kegiatan lainnya. Semua itu dilakukan agar menarik para wisatawan untuk datang, berkunjung dan menikmati indahnya pulau Nusa Penida.

Sejarah Nusa Penida Bali

Nusa Penida merupakan sebuah pulau (nusa=pulau) yang terletak di sebelah tenggara pulau bali dan dipisahkan oleh selat badung. Nusa Penida termasuk dalam kabupaten Klungkung memiliki sejarang yang ditemukan dalam babad (sejarah, kisah kumpulan, silsilah) Blahbatuh

Disebutkan bahwa pada abad ke-18 Nusa Penida digunakan sebagai tahanan dinasti gelgel dari bali dibawah pimpinan Kerajaan Majapahit. Dinasti Gelgel merupakan sebuah kerajaan dibali yang daerah kekuasaannya meliputi pulau lombok.

Sebelum Majapahit datang ke Bali, Dinasti Gelgel merupakan kerajaan yang telah menguasai Nusa Penida setelah membunuh Raja terakhir di Kerajaan Nusa Penida. Sejak saat itu kerajaan di Bali mulai memerintah di kerajaan Nusa Penida pada paruh abad ke-17.

Cara Menuju Nusa Penida

Ada banyak cara menuju Nusa Penida, yang pertama adalah dengan menggunakan kapal kecil (jukung) yang dapat di sewa di Pantai Sanur. Dengan menggunakan Jukung ini anda akan menempuh waktu kira-kira 90 menit perjalanan dengan biaya kurang lebih 40.000 Rupiah.

Namun jika anda menggunakan fast boat, anda tentunya akan membutuhkan waktu lebih cepat dari pada menggunakann Jukung, kira-kira 50 menit perjalanan. Namun tentunya juga memerulukan budget yang agak lebih yakni kira-kira 75.000 Rupiah.

Jika anda ingin membawa kendaraan seperti motor dan mobil ke Nusa Penida ini, anda harus pergi terlebih dahulu ke pelabuhan Padang Bay kira-kira 1 Jam perjalanan dari Denpasar untuk mengambil akomodasi kapal feri (Kapal Ro-Ro dan Kapal Re-Re) untuk ke Nusa Penida. Namun perjalanan menggunakan kapal feri ini hanya untuk berlabuh ke Nusa Penida tidak untuk ke Nusa Lembongan danatau Nusa Ceningan.

Baca Juga : Sejarah Desa Tenganan Bali

Tempat Tempat Wisata di Nusa Penida

Secara geografis, tekstur Nusa Penida Bali tidak seperti pada daerah-daerah wisata lainnya di Bali. Nusa Penida banyak terdapat perbukitan-perbukitan dan tebing sehingga menjadi daerah wisata yang unik yang berbeda dari Biasanya.

Bagi anda yang ingin mengunjungi dan melihat sesuatu yang berbeda, sangat disarankan untuk datang ke Nusa Penida. Karena saya yakin anda akan sangat terpesona melihat pulau kecil di tenggara bali ini. Atau anda ingin liburan ke Nusa Penida lebih praktis, bisa bergabung bersama kami dalam Paket Tour ke Nusa Penida. Bahkan bagi yang suka pesona alam bawah laut, bisa mencobaPaket Snorkeling di Nusa Penida. Berikut saya berikan tempat-tempat wisata yang populer dikunjungi para wisatawan di Nusa Penida

Pantai Atuh Nusa Penida

pantai atuh nusa penida

Berbeda dengan pantai-pantai lainnya di Bali, pantai ini sangat-sangat membuat anda tenang. Mengapa? di pantai ini anda akan mendapati suasana ketenangan bercampur dengan decak kagum yang akan anda lontarkan ketika telah sampai di Pantai Atuh.

Perjalanan jalan setapak menuju bukit akan terlihat jelas hamparan laut Pantai Atuh yang membentang kira-kira 500 meter ini. Menuruni bukit melewati kebun warga dan pepohonan kelapa akan menambah keseruan seperti seolah-olah anda adalah Backpacker sejati. Sesampai di Pantai Atuh, mulailah terasa terbayarkan perjuangan anda.

Pantai dengan pasir berwarna putih ini sangat terjaga kealamiannya, mungkin karena jarang yang mengunjungi pantai ini seperti halnya putri cantik yang telah lama tertidur. Anda dapat bersantai ataupun berjalan-jalan di pesisir pantai atuh, jauh dari polusi udara akan menambah kesejukan suasana berlibur anda.

Baca Juga : Indahnya Pantai Kelingking Nusa Penida

Pantai Uug Nusa Penida Bali

pasih uug nusa penida

Pantai Uug, kalau anak bali yang mendengarnya pasti aneh karena kata Uug itu artinya Rusak. Jadi Pantai Uug artinya ya Pantai Rusak. Etis, tapi ya jangan salah, nama kan tidak dapat mendeskripsikan dari keseluruhan cuy.

Pantai Uug merupakan objek wisata legendaris yang sangat menakjubkan. Viewnya kurang lebih agak seperti di Uluwatu namun ombak disini lebih kalem. Kalau dari pelabuhan toyapakeh kira-kira waktu tempuh sekitar 50 menitan. Kok lama? medan coy, tidak seperti obejk wisata di pulau bali. Jalannya disini seperti berpetualang di gunung pablog (dora) 😀

Pantai Kristal Nusa Penida Bali

crystal bay nusa penida

Pantai kristal termasuk daerah Sakti yang view lautnya agak menjorok ke tengah daratan dan di dalemnya terdapat pulau kecil. Di pantai ini, anda dapat melakukan banyak hal, tapi kebanyakan pengunjung sih hanya duduk-duduk atau jalan-jalan di pesisir pantai ini.

Jika anda bosan dengan view pemandangan laut dari bawah, anda dapat naik keatas untuk melihat view keselurhan dari pantai kristal ini. Dengan medan berupa ratusan anak tangga yang telah dibuat permanen anda akan dapat melihat indahnya pulau kecil di tengah laut yang begitu menakjubkan.

Kelingking Secret Point

Karang dawa kelingking secret point

Pantai Kelingking terletak di daerah dusun Karang Dawa yang merupakan salah satu objek wisata yang ada di desa Bunga Mekar, Nusa Penida. Keindahan dari objek wisata alam ini terletak dari pantainya yang indah dengan pemandangan yang menyejukan mata dan pantainya yang masih bersih dan private.

Ini adalah Pemandangan dari atas Karang Dawa yang terletak di Nusa Penida, Bali. Pemandangan yang sangat mempesona, dengan tebing kapur curam yang dihantam oleh gelombang besar sepanjang tahun dan memiliki pantai dengan air berkilap biru tosca.

Perjalanan menuju Kelingking Secret Point memakan waktu sekitar 45 menit dari pelabuhan Nusa Penida dan Berjarak sekitar 25 Km.

Yang membuat kita memakan waktu sedikit lumayan lama adalah karena kondisi jalan yang masih rusak. Walaupun begitu, kita tidak akan pernah merasa capek atau bosan, karena kita akan disuguhkan dengan pemandangan bukit hijau yang indah, dan hutan kelapa nan cantik yang sangat memanjakan mata kita selama perjalanan menuju Kelingking

.

Peta Nusa Penida

TIPS

Untuk saat ini beberapa lokasi wisata di Nusa Penida memiliki akses jalan yang masih sedikit extreme untuk anak anak. Peserta dewasa dengan stamina yang sudah disiapkan disarankan untuk datang ke Nusa Penida.

Share This :