Pesona Lembah Tukad Melangit, Desa Jehem, Antugan Bangli

lembah tukad melangit

Banyak destinasi wisata baru yang wajib anda kunjungi ketika berlibur di Bali. Salah satunya adalah Lembah Tukad Melangit yang kini banyak dibicarakan oleh masyarakat akan keindahannya. Di sosial media seperti Instagram, Path, Line dan Facebook lagi rame yang ngepost maupun share photo Pesona Lembah Tukad Melangit, Desa Jehem, Antugan  Bangli.

Untuk mencapai lembah Tukad Melangit di Banjar Antugan, Jehem, tidaklah jauh. Dari kota Bangli ke timur menuju arah Kecamatan Tembuku, tembus Rendang (Karangasem). Tiba di perempatan Jehem, ke utara lurus sejauh 3 kilometer, tibalah di lokasi. Dari pinggir jalan Antugan, ke barat sekitar 50 meter.

Baca Juga : Nusa Penida, Surga Tersembunyi di Pulau Dewata

Untuk menikmati objek wisata tersebut, pengunjung tidak dikenai retribusi atau tiket masuk. Hanya tersedia kotak untuk donasi sukarela. Di lokasi juga belum tersedia toilet. Alasannya, objek tersebut baru sekitar sebulan ini banyak dikunjungi wisatawan. Karenanya, masih banyak yang perlu ditata dan dibenahi

Kini lembah yang berlokasi di sebelah barat Banjar Antugan, menjadi objek wisata dadakan. I Putu Ediana Putra, 23, warga setempat menuturkan, lembah Tukad Melangit kenal banyak orang karena kebetulan saja. “Itu berawal dari kami anak-anak muda yang ngumpul-ngumpul di sini,” ucap Ediana Putra, Senin (16/5).

Dari kumpul-kumpul itu, mereka mendirikan bangunan semacam rumah panggung dari bambu. Rumah panggung tersebut dilengkapi dengan struktur landasan memanjang seperti papan loncat indah kolam renang, yang menjorok ke tengah lembah. “Dari landasan atau ujung landasan ini pemandangan tambah indah, namun juga mendebarkan,” kata Ediana Putra.

Hal itu lantaran dari ujung landasan persis di pinggir tebing, terlihat pemandangan lembah di kedalaman tidak kurang dari 100 meter di bawah. “Cocok untuk uji adrenalin,” ucap Ediana Putra.

Hal senada disampaikan I Made Kempes, 30. Menurut Kempes, pengunjung membeludak pada hari libur. Kebanyakan dari luar Bangli, di antaranya dari Gianyar, Badung, Denpasar. “Malah beberapa wisatawan asing juga ada,” ucap Kempes.

Sebagian besar mereka yang datang untuk berselfie dengan latar belakang pemandangan lembah yang curam namun menawan. “Hanya akses ke sini kurang, seperti jalan masuk kadang becek jika hujan,” ungkapnya. Dia pun berharap ada bantuan dari Pemkab Bangli, untuk pembangunan akses jalan.

 

Dari pantauan, puluhan remaja berdatangan ke lembah Tukad Melangit di Banjar Antugan, Senin (16/5). “Lihat di medsos, akhirnya kami datang,” ujar Dewi, seorang pengunjung dari Kintamani. Bersama temannya, Dewi berselfie dengan latar belakang lembah Tukad Melangit. “Deg-degan juga, karena cukup dalam,” kata Dewi yang baru saja tamat SMK.

Ramainya kunjungan tersebut mendapat perhatian dari aparat keamanan. Hal itu ditandai kehadiran personel babinkamtibmas Polsek Tembuku di lokasi ‘pemantauan’. “Memantau, karena ini kan memang wilayah tugas kami,” ujar Bripka I Nyoman Subagiasa, babinkamtibmas Polsek Tembuku untuk Desa Jehem. “Kami sudah sarankan untuk membuat semacam pegangan pada pinggiran landasan, demi keselamatan,” kata Bripka Subagiasa.

Peta Lokasi Lembah Tukad Melangit, Desa Jehem, Antugan  Bangli

Tag :

antengan jehemantunganantungan jagem di bangli harga tiket masukbangligreen valey di banglilembah ddi baliobiyek wisata antugang,
Share This :